Cara Memilih Cloud Server Agar Tidak Salah Pilih

Posted by admin on

Cloud server merupakan layanan teknologi yang menggabungkan komputer dan jaringan yang berbasis internet. Pada intinya, teknologi ini memanfaatkan media internet sebagai pusat server untuk pengelolaan data. Sehingga data-data yang Anda perlukan dapat dengan mudah diakses dan tidak perlu lagi menyimpan data melalui alat penyimpanan seperti Flashdisk, Harddisk, CD maupun DVD . Tentu hal ini akan sangat mempermudah bila seseorang memiliki data yang tersimpan di suatu perangkat penyimpanan dan perangkat itu hilang, maka data yang tersimpan pasti ikut hilang. Namun, data di CBTP akan tetap aman.

Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih cloud server atau cloud hosting agar tidak salah pilih.

1. Memahami kebutuhan diri sendiri
Sebelum menggunakan sebuah layanan hosting baik itu ssd, cloud, vps maupun dedicated ada baiknya kita memperhatikan kebutuhan hosting yang hendak digunakan. Kebutuhan ini harus disesuaikan dengan beberapa hal antara lain traffik website per hari, kebutuhan data (disk space) dan kestabilan website. Kebutuhan tersebut dapat dikategorikan dalam kebutuhan pasti yang harus dimiliki sebuah website. Hendaknya, dalam memilih sebuah hosting yang pas harus mempertimbangkan berbagai kebutuhan tersebut.

2. Perhatikan fitur tambahan
Fitur yang dihadirkan dalam sebuah layanan hosting tentu akan berbeda. Hal inilah yang membuat beberapa hosting itu memiliki harga yang berbeda dan beragam. Beberapa fitur tambahan ini mungkin diantaranya yang sangat penting untuk hosting adalah control panel, ssl (Secure Socket Layer), dan Softaculous karena biasanya jika membeli layanan tersebut dengan harga murah pasti belum include dengan layanan tambahan lain. Atau dapat dikatakan bahwa layanan tersebut masih terpisah dengan yang lain.

3. Customer Care
Layanan customer care yang hadir selama 24 jam dapat dijadikan referensi utama dalam memilih hosting unggulan. Inilah salah satu yang menjadi pertimbangan hosting itu mahal atau tidak. Apabila pelayanan bisa memberikan 24 jam non stop maka dapat dipastikan karyawan yang ada sudah cukup memenuhi kebutuhan.

4. Manfaatkan periode evaluasi
Biasanya, penyedia hosting akan memberikan pelayanan gratis guna memenuhi kebutuhan ini. Coba gratis selama beberapa hari bisa jadi acuan untuk memilih layanan tersebut sudah pas atau belum. Namun tidak semua penyedia layanan memberikan layanan coba gratis ini.